5 Kesalahan Desain pada Ruang Makan

Sehari-hari, Anda tentunya sering menggunakan ruang makan. Baik untuk menyiapkan makanan di dapur atau menyantap hidangan bersama keluarga tercinta.

Begitu pentingnya ruang makan, jangan sampai ada kesalahan ketika menata ruangan ini.

Hampir sama seperti ruang lain dalam hunian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menata ruang makan.

Tidak hanya soal pemilihan warna cat, furnitur, serta tema ruangan yang akan diaplikasikan, kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan ketika mendesain ruang makan ini juga penting untuk disimak.

Kesalahan-kesalahan apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tidak memerhatikan luas ruangan dan ukuran furnitur

Kesalahan-Desain-pada-Ruang-Makan-Tokokasur
Sumber: Kitchenthin.com

Sebelum menata furnitur, ada baiknya memerhatikan luas ruang makan dengan furnitur yang akan diletakkan. Jika luas ruang makan terbatas, pilihlah furnitur yang tidak terlalu besar atau memiliki banyak fungsi sekaligus.

Tempatkan terlebih dahulu kulkas dan rak-rak penyimpanan berukuran besar. Jika sudah, lanjutkan dengan menata perkakas-perkakas dapur berukuran kecil seperti microwave, blender, atau alat-alat memasak.

2. Tidak memerhatikan fungsi furnitur

Kesalahan-Desain-pada-Ruang-Makan-Tokokasur-1
Sumber: Crownpaints.co.uk

Selain memerhatikan ukuran, fungsi furnitur juga penting untuk diperhatikan. Pastikan bagian kompor, tempat cuci piring, dan kulkas ditempatkan di area yang luasnya memadai.

Sehingga, area ini dapat digunakan oleh beberapa orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Perhatikan pula pintu kulkas dan rak-rak penyimpanan ketika dibuka. Hindari menempatkan dua furnitur ini berdampingan karena akan sangat menghalangi jalan ketika pintu furnitur ini sedang dibuka.

Tentunya Anda tidak mau bukan furnitur-furnitur ini menghambat gerak Anda?

3. Pencahayaan yang buruk

Kesalahan-Desain-pada-Ruang-Makan-Tokokasur
Sumber: Viahouse.com

Di area dapur, tempatkan pencahayaan yang terang agar proses memasak dan membersihkan sisa makanan berjalan dengan lancar. Hindari pencahayaan yang redup sehingga meminimalisir kesalahan ketika memasak.

Tempatkan lampu-lampu tepat di atas area Anda memasak dibanding meletakkannya di belakang Anda agar cahaya menerangi dengan maksimal.

Sebaliknya, Anda bisa memilih pencahayaan terang tapi tetap nyaman di area makan.

4. Tidak adanya tempat yang cukup di antara kompor dan wastafel

Kesalahan-Desain-pada-Ruang-Makan-Tokokasur-5
Sumber: Bowa.com

Antara kompor dan wastafel, sediakan tempat yang cukup untuk menempatkan bahan-bahan masak atau hidangan yang baru saja dimasak.

Selain itu, Anda juga bisa langsung menempatkan piring atau alat-alat masak yang kotor di wastafel.

Terlebih lagi, tempat ini penting untuk disediakan agar meja makan tetap bersih dan bebas dari bahan-bahan masak. Dengan adanya tempat ini, proses memasak akan jauh lebih praktis dan bersih.

5. Tidak memanfaatkan dinding yang kosong

Kesalahan-Desain-pada-Ruang-Makan-Tokokasur-2
Sumber: Freshome.com

Hal yang satu ini penting untuk diperhatikan khususnya Anda yang memiliki dapur dengan area yang kecil. Daripada menambah rak-rak penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan dinding yang kosong.

Bagaimana caranya? Anda bisa menempatkan rak-rak terbuka yang menempel di dinding-dinding dapur Anda. Rak-rak terbuka juga akan memudahkan Anda ketika mengambil bahan-bahan untuk memasak.


Dengan memerhatikan poin-poin di atas, Anda akan terhindar dari kesalahan-kesalahan umum ketika mendesain ruang makan. Jadi, sudah siapkah Anda mendesain ruang makan impian?

Berbagai furnitur untuk melengkapi ruang makan tersedia dalam berbagai model dan ukuran yang bisa Anda pilih di Tokokasur.com!


Sumber foto header: Unsplash.com

Author image

About Toko Kasur 1